Kelebihan Membangun Website Dengan WordPress

Keunggulan WordPress

Membuat website sekarang tidak perlu lagi membutuhkan keahlian yang lebih mendalam dalam hal pemrograman. Hal ini karena tersedianya perangkat lunak untuk membuat website yang lebih mudah dan efisien.

WordPress merupakan salah satu contoh software untuk membuat website dengan kode sumber terbuka. Dengan menggunakan software ini, pengguna bisa lebih fokus pada pengembangan website alih-alih harus mendesainnya dari awal.

Fitur yang banyak dan penyesuaian website yang mudah membuatnya WordPress banyak sekali peminat. Terbukti dengan WordPress yang menguasai 43% dari total web yang ada [sumber dari situs resmi WordPress].

Ingin tahu berbagai kelebihan dalam menggunakan WordPress? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cocok Untuk Pemula

Untuk membuat sebuah website dibutuhkan kemampuan dari mulai pemrograman hingga desain yang mumpuni. Tentunya tidak semua orang bisa melakukan itu semua.

WordPress memungkinkan penggunanya untuk fokus pada mengembangkan website alih-alih membuatnya dari awal. Hal ini akan mempermudah pengguna yang awam dalam hal desain dan pemrograman web.

Selain itu, tampilan interface admin juga mudah dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun. Kemudian, dari segi penulisan artikel hingga mengatur tata letak halaman pun cukup mudah penggunaannya.

Banyak Pilihan Tema

Faktor lainnya yang membuat Saya sangat senang menggunakan WordPress yakni banyaknya pilihan tema. Ini sangat memudahkan dalam melakukan perubahan rutin terhadap tampilan website.

Selain itu, penataan ulang halaman juga bisa menggunakan plugin tambahan seperti elementor. Dengan itu, halaman website menjadi jauh lebih menarik dan tidak sulit dalam pengerjaannya.

Lebih jauh lagi, banyak situs yang menyediakan tema WordPress yang bagus. Walau beberapa berbayar tapi banyak juga yang menyediakan tema WordPress yang gratis dengan kualitas yang tak kalah bagusnya.

Bebas Memilih Plugin

Plugin pada WordPress membantu penggunanya dalam banyak hal. Dari mulai desain halaman, keamanan, hingga tambahan fitur unik lainnya yang sangat berguna.

Banyaknya plugin WordPress yang tersedia membuat admin bisa mencoba banyak hal dalam mengembangkan website. Dengan demikian pekerjaan admin dalam mengelola website jauh lebih mudah dan efisien.

Selain itu, banyak dari pengembang plugin yang menyediakan fitur gratis pada penggunanya. Namun juga biasanya pengguna perlu membayar untuk fitur lebih banyak lagi

Konfigurasi Yang Simpel

Dalam membuat website dari awal membutuhkan banyak konfigurasi yang sangat merepotkan. Belum lagi harus memahami konsep pemrograman website.

Selain itu, jika membuat website dari awal harus menguasai konsep front-end dan back-end yang sangat menyulitkan. Hal ini tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk membuat sebuah website.

Alih-alih demikian, WordPress menyediakan website instan yang lebih mudah dalam hal pembuatannya. Konfigurasi awal yang mudah, fitur yang banyak, hingga manajemen yang simpel membuat WordPress cocok sekali untuk pemula.

Keamanan yang Baik

Berbicara tentang keamanan website memang tak pernah ada habisnya. Hal ini karena teknologi terus berkembang dan terus membuat pengembang untuk lebih memperhatikan setiap celah keamanan yang ada.

Dari pengalaman menggunakan WordPress, banyak pembaruan yang telah dirasakan. Baik dalam menambah fitur hingga perbaikan celah keamanan. Hal tersebut membuat rasa aman kepada para penggunanya dalam mengembangkan website.

Jika menginginkan keamanan ekstra pengguna juga bisa memilih plugin keamanan yang terpercaya. Dengan adanya tambahan plugin keamanan tentunya akan membuat pengguna lebih lega dan tak risau lagi.

Cocok Untuk Banyak Tipe Website

WordPress bisa berguna untuk membuat berbagai jenis website. Dari mulai membuat website profil perusahaan, website toko online/e-commerce, website amal, berita, hingga blog pribadi.

Hal ini tak lepas dari banyaknya pilihan tema yang tersedia dengan berbagai fitur tambahan. Selain itu, banyaknya pilihan plugin membuat penggunaanya lebih berkembang lagi pada berbagai jenis website.

Contohnya ketika ingin membuat toko online menggunakan WordPress bisa dengan memasang plugin WooCommerce. Dengan plugin ini akan lebih memperkaya fitur toko online dan juga lebih baik dalam manajemen produk.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *